Senin, 01 Agustus 2016

Benarkan Penghargaan Selalu Memberi Dampak Positif?


By on 05.36

Penghargaan, satu kata yang terdengan sederhana namun memiliki makna yang sangat penting bagi seseorang. Bahkan, seseorang juga bisa loh menjadi pribadi yang lain demi mendapatkan penghargaan dari orang lain. Misalnya saja, orang yang sebelumnya sering berbuat tidak baik namun karena adanya sebuah penghargaan yang mungkin akan diterima olehnya jika melakukan hal baik, ia pun berubah menjadi lebih baik. Apalagi, jika penghargaan yang diterima berupa hadiah seperti voucher belanja Sodexo bernilai cukup besar, kan lumayan untuk belanja di merchant Sodexo.

Jadi, apa itu artinya penghargaan selalu memberikan dampak positif? Ternyata tidak begitu loh. Sebab, ada beberapa hal yang justru menunjukkan bahwa ternyata penghargaan bisa menjadi penyebab terjadinya sebuah masalah. Hal yang mungkin sering kita lihat terjadi di lingkungan kerja, namun sebenarnya dalam pergaulan biasa saat masih berada dibangku sekolahpun, sebuah penghargaan bisa menjadi awal sebuah masalah.

Penghargaan Berikan Dampak Positif

Misalnya saja, ketika berada dalam pergaulan, seseorang merasa lebih unggul dibandingkan dengan yang lainnya. Ia akan merasa lebih baik dalam segala hal dibandingkan dengan orang yang ada disekitarnya. Akibatnya, ia akan merasa tersaingi ketika ada seseorang yang mendapatkan perhatian lebih dari orang sekitarnya, dibandingkan dengan dirinya. Yap, perhatian dan pujian merupakan salah satu penghargaan paling sederhana yang bisa kita berikan kepada orang lain yang telah melakukan sesuatu yanng bermanfaat. Namun ternyata, perhatian dan pujian inilah yang terkadang membuat seseorang terpuruk.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ketika seseorang merasa lebih unggul, ia cenderung akan berharap seluruh perhatian dan pujian tertuju padanya. Ketika ada orang lain yang mendapatkannya, maka ia akan merasa bahwa orang tersebut adalah saiangannya. Hal ini bisa berdampak baik, maupun buruk. Berdampak baik ketika persaiangan ini membuatnya melakukan berbagai hal dengan lebih baik lagi. Berusaha lebih keras untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna, sehingga seluruh perhatian akan kembali tertuju padanya. Begitu pula dengan pujian yang selalu ingin didengarnya.

Namun, tidak semua orang justru mengambil sisi positif dari persaingan ini. Banyak orang yang justru menganggap pesaing ini adalah seseorang yang harus disingkirkan karena mengambil tempat dan posisinya. Nah, hal inilah yang akhirnya membuat sebuah penghargaan menjadi awal dari sebuah bencana. Obsesi mendapatkan penghargaan dalam bentuk apapun, meskipun hanya berupa perhatian dianggap begitu penting hingga membuatnya rela melakukan apapun untuk mendapatkannya kembali. Meskipun mungkin, cara yang dilakukannya salah dan cenderung menyakitkan bagi orang lain yang dianggapnya sebagai saingan. Padahal, bisa saja orang yang dianggap sebagai saingan tersebut tidak tahu apa-apa. Tentunya, hal ini akan merugikan orang lain kan?

Sebenarnya, mengharapkan sebuah penghargaan bukanlah hal yang salah, apalagi jika hal ini bisa membuat kita menjadi semakin semangat untuk melakukan yang terbaik. Akan tetapi, jika keinginan ini berubah menjadi sebuah obsesi yang justru menghancurkan kita, tentunya tidak akan berdampak baik kan? Jadi, berhati-hati ya dengan keinginan untuk mendapatkan penghargaan. 

Tentang Artikel Menarik

Blog ini menyuguhkan berbagai artikel, informasi dan tips menarik tentang berbagai hal

0 komentar:

Posting Komentar