Kamis, 01 Februari 2018

Suka Makan Pizza? Ini Triknya Agar Kalori Tidak Bertambah!


By on 03.15

Pizza merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Siapa sih yang tak suka makan pizza? Rasa gurih, renyah, sekaligus lembut berpadu menjadi satu dalam satu gigitan? Yum! Namun demikian, selalu ada dua mata uang untuk memandang satu hal. Meski rasanya enak, kalori yang ada dalam pizza sangatlah jahat dan bisa menyebabkan kenaikan berat badan saat dikonsumsi. Tidak heran deh jika banyak pecinta pizza yang rajin mengonsumsi suplemen untuk kesehatan tubuh agar tak ‘bengkak.

Makan Pizza
Photo : POPULAR-world[dot]com
Nah, sebetulnya ada trik untuk menyiasati agar kalori tidak bertambah saat memakan pizza. Ini dia caranya:

  • Hindari daging dan beralih ke grilled chicken, sliced ham, atau bahkan pizza sayuran.
Rasa pizza yang klasik seperti pepperoni, bacon, dan juga sosis dipenuhi dengan berbagai lemak dan juga kaya akan garam. Segeralah beralih dari varian rasa ini dan pilih pizza yang memiliki topping ayam, ham, atau bahkan sayuran serta buah. 

  • Jangan makan pizza langsung dari kardusnya.
Ketika memesan pizza dari rumah, begitu pizza ini datang, yang langsung kita lakukan adalah membuka dusnya dan langsung memakannya di tempat. Padahal, penelitian menunjukkan bahwa seseorang akan makanan lebih banyak ketika makanan disajikan dalam tempat yang besar. Pindahkan pizza ke dalam piring dan makanlah dengan menggunakan piring kecil. Dengan begitu, kita akan ‘sadar’ sudah berapa banyak pizza yang dimakan sebelum akhirnya memutuskan untuk makan lagi.

  • Hati-hati dengan terong.
Menambahkan sayuran sebagai topping pizza memang menyehatkan. Akan tetapi, sadari bahwa tidak semua sayuran berdampak positif pada pizza. Salah satunya adalah terong, di mana terong ini seringkali digoreng terlebih dahulu sebelum dipanggang sebagai topping. Tentunya, terbayang dong seberapa besar kalorinya?

  • Mengurangi keju.
Memesan pizza dengan half cheese atau bahkan tanpa keju sama sekali menjadi salah satu opsi yang bisa dilakukan untuk mengurangi kadar kalori. Sekarang ini, meski kadar kejunya dikurangi, rasa pizza juga tetap terasa enak dan lezat, kok. Coba saja kalau tidak percaya!

  • Hindari meminta isian keju di pinggiran pizza.
Kita sudah mengurangi penggunaan keju dalam topping jadi tidak ada gunanya meminta isian keju di pinggiran pizza. Tanpa menggunakan isian tersebut, rasa pizza juga sudah enak, kok! Dan pastinya lebih ramah kalori. 

  • Minta disajikan secara double cut.
Satu pan pizza biasanya berisi delapan potong. Nah, pesanlah agar pizza dipotong secara double cut saat disajikan. Sesuai dengan namanya, double cut ini berarti potongan ganda. Jadi, untuk satu pan, kamu bisa mendapatkan 16 potong! Sisi positifnya: mengingat potongan pizza-nya banyak, kamu jadi berpikir dua kali setelah makan 4 potong pizza. Padahal, sesungguhnya kamu baru makan 2 potong!

  • Tambahkan sayuran.
Kita bisa mengurangi pizza’s glycemic index dengan menambahkan topping yang kaya akan serat dan juga protein. Triknya, tambahkan lebih banyak sayuran dan kurangi daging sehingga masalah kalori bisa diatasi.


Gimana, siap untuk makan pizza dengan cara yang lebih sehat? Selamat mencoba!

Tentang Artikel Menarik

Blog ini menyuguhkan berbagai artikel, informasi dan tips menarik tentang berbagai hal

0 komentar:

Posting Komentar